Esemka Mau Bikin Mobil Listrik Murah
Foto: esemkaindonesia.co.id

Esemka Akan Bikin Mobil Listrik Murah: Prototipe Sudah Ada

Merek mobil dalam negeri Esemka berencana mengembangkan mobil listrik. Hal tersebut dikatakan oleh Public Relation Manager PT Solo Manufaktur Kreasi (Esemka), Sabar Boedhi, pada Selasa, 2 Februari 2021.

“Kami pasti akan masuk ke sektor mobil listrik karena potensinya sangat besar,” kata Sabbar.

Menurutnya, saat ini tim R&D Esemka sedang merancang prototipe kendaraan listrik di Boyolali. Kendaraan listrik Esemka selanjutnya akan dibangun dari basis Esemka Bima yang ada. “Bagian ini bisa berupa mobil penumpang listrik dan kendaraan niaga ringan,” ujarnya.

Sabar menambahkan, industri otomotif perlahan akan bergerak ke arah mobil listrik. Apalagi, lanjutnya, Indonesia akan menjadi negara penghasil aki untuk mobil listrik di masa depan.

Saat pembukaan pabrik perakitan mobil Esemka di Boyolali pada 6 September 2019, Tempo melihat prototipe truk listrik Esemka Digdaya. Prototipe dikembangkan menggunakan PT Pindad. “Ada juga kemungkinan untuk pergi ke sana (taksi ganda listrik). Prototipe sudah ada.”

Namun, perkembangan mobil listrik Esemka saat ini sedang dilanda pandemi COVID-19. Pembatasan yang diberlakukan terhadap masyarakat di areal pabrik Esemka dalam rangka melaksanakan protokol sanitasi menunda pengembangan mobil Esemka.

“Kembali ke topik protokol (kesehatan) ini, kami tidak bisa putus asa,” kata Sabbar.

Sabar belum mau membeberkan target produksi kendaraan listrik Esemka tersebut.