Tips Pakai Kacamata Hitam saat Berkendara
Foto; Artem Beliaikin | Pexels

Tips Pakai Kacamata Hitam saat Berkendara, Jangan Sembarangan

Memakai kacamata anti sinar matahari (sunglasses) saat mengendarai mobil atau motor merupakan suatu kebutuhan untuk kesehatan, kenyamanan dan gaya.

Biasanya untuk berkendara, digunakan kacamata hitam sport yang mengikuti lekuk wajah. Namun, Suzuki memberi beberapa catatan khusus, dan juga dikenal tip memilih kacamata hitam untuk mengemudi.

1. Perlindungan UV
Menurut Suzuki,  sebaiknya pilih kacamata hitam dengan fitur perlindungan UV.

Fungsi kacamata UV adalah meredam sinar UV dari matahari yang menembus mata. Selain itu, fitur ini juga membuat visibilitas saat berkendara menjadi lebih gelap.

2. Tetapkan tujuan
Gunakan kacamata hitam terpolarisasi terutama saat mengemudi karena dapat menyerap hingga 98% sinar matahari.

Lenza terpolarisasi juga beradaptasi dengan sinar UV. Artinya, lensa kacamata akan menyesuaikan cahaya yang diterima pengemudi saat berkendara.

3. Dilengkapi dengan anti gores
Tips lainnya adalah sebaiknya pilih jenis kacamata hitam yang memiliki ketahanan gores atau gores yang kuat. Kacamata mengemudi biasanya digunakan di luar ruangan dan berisiko terkena debu.

4. Persiapan yang mudah
Selain fokus pada lensa, pengendara juga harus memperhatikan bingkai nyaman yang didesain mengikuti garis natural.

Selain itu, pastikan juga memilih rangka yang tidak terlalu berat dan tidak mengganggu keausan helm.

5. Pilih helm dengan double visor
Jika ingin lebih praktis, ada tips berkendara aman dengan menggunakan goggle, seperti menggunakan helm double visor atau helm yang ditempelkan pada goggle.

Helm ganda dapat diandalkan untuk berkendara siang dan malam. Namun, kualitas visor juga harus diperhatikan agar setara dengan sunglasses mengemudi.